Pilkades Serentak 2023 KBB, Sekdes Mukapayung Yakin Masyarakat Bakal Antusias

  • Muhammad Akbar
  • 09/12/2022
  • 18:09
Desa Mukapayung bakal melaksanakan Pilkades serentak tahun 2023, ilustrasi

Cililinku,- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan terselenggara kembali di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada tahun 2023. Terdapat 12 Desa dari 9 Kecamatan yang akan melaksanakan, salah satunya Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin.

Sekretaris Desa Mukapayung Nandar Hidayat mengatakan Pemerintah Desa sampai saat ini baru menerima surat edaran pemberitahuan daftar desa yang akan melaksanakan Pilkades dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB.

Menurutnya kemungkinan rencana jadwal pelaksanaan dan pembentukan panitia akan dipersiapkan pada bulan Januari 2023.

Baca Juga: Terjadi Bencana Longsor di Desa Situwangi, Satu Rumah Warga Hancur

“Pemdes baru menerima surat edaran perihal Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak, kemungkinan di awal tahun mulai dilakukannya pembentukan panitia, penentuan jadwal dan yang lainnya,” kata Nandar melalui pesan singkat whats app, Jumat (9/12/2022).

Nandar menjelaskan bahwa setiap ada acara pemilihan, masyarakat sangat antusias. Hal itu dapat dibuktikan dari pengelaman kebelakang jumlah kedatanagn ke TPS bisa mencapai 80 persen.

“Kalau melihat dari pengelaman kebelakang, di Desa Mukapayung setiap event pemilihan masyarakat antusias, bisa dibuktikan dengan jumlah kedatangan ke TPS mencapai 80 persen,” jelasnya.

Nandar menuturkan pada Pilkades sebelumnya kehadiran TPS mencapai angka 83 persen. “Pilkades sebelumnya, kehadiran ke TPS kurang lebih di angka 83 persen,” tuturnya.

Ia menjelaskan perbedaan pilihan masyarkat itu pasti terjadi, akan tetapi tidak sampai ke titik emosi atau berutal. “Oh itu mah pasti, ketika dihadapkan pemilihan dan berbeda pilihan itu akan terjadi, tapi tidak sampai kearah emosi yang brutal, mereka masih bisa mengendalikan diri,” jelasnya.

Nandar menyebutkan gesekan terjadi pada tim sukses, saling menunjukan kandidat yang kuat, masyarakatnya sendiri masih biasa saja.

“Gesekan paling di tim sukses masing-masing yang kandidat paling kuat, kalau ke masyarakatnya mah bisasa saja,” sebutnya.

Baca Juga: Begini Cara Puskesmas Batujajar Bandung Mencegah Stunting

Para bakal calon Kepala Desa di Desa Mukapayung, menurutnya memliki banyak potensi untuk menyalonkan. “Masyarakat Desa Mukapayung banyak potensi untuk menyalonkan sebagai kepala desa,” katanya.

Ia berharap kepada Kepala Desa yang terpilih di tahun 2023 mendatang dapat membuat desa dan masyarakat menjadi mandiri dan sejahtera.

“Harapan mungkin sama dengan masyarakat Desa Mukapayung yang lainnya, program yang sudah baik pertahankan sedangkan kekuranagan diperbaiki, sehingga kedepannya desa dan masyarakat menjadi mandiri dan sejahtera,” pungkasnya.***

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2023 cillinku.com