Tingkatkan Peran Perempuan, Pemkab KBB Verifikasi Awal P2WKSS di Desa Mukapayung

  • Muhammad Akbar
  • 25/03/2021
  • 18:04
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung Barat melaksanakan kegiatan verifikasi awal Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Desa Mukapayung pada Kamis (25/3/2021). (foto: Muhammad Akbar)

Cililinku, Mukapayung-Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung Barat melaksanakan kegiatan verifikasi awal Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Desa Mukapayung pada Kamis (25/3/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gor Desa Mukapayung Jalan Desa Mukapayung No.1 RT 1  RW 16 Desa Mukapayung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat.

(foto: Muhammad Akbar)

Dalam kegiatan itu sendiri dihadiri oleh Camat Cililin, Sekdis dan Kabid DP2KBP3A KBB, Kepala UPT DP2KBP3A Cililin, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Cililin, Kades Mukapayung, seluruh Perangkat Desa Mukapayung , seluruh Ketua Posyandu Desa Mukapayung, dan seluruh ketua RT dan RW di wilayah RW 12 Desa Mukapayung.

Baca Juga: Jadwal Tayang Serial Bestie Lengkap dengan Sinopsis dan Link Streamingnya, Kisah 4 Sahabat yang Saling Membantu

Sekretaris Dinas DP2KBP3A, Primanti Laksanawati mengatakan verifikasi awal tersebut diberikan kepada Kampung Cikoneng RW 12 Desa Mukapayung yang mengarah kepada 100 KK binaan yang sasarannya kepada wanita usia 15-60 tahun. 

(foto: Muhammad Akbar)

Pihaknya ingin meningkatkan pengetahuan para Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) atau perempuan yang suaminya sudah tidak berdaya atau ditinggal.

“Memang kita lebih mengarah ke perempuan dalam P2WKSS ini,” katanya.

“Output yang diharapkan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan KDRT, PHBS, dan meningkatkan SDM dengan keterampilan-keterampilan, otomatis kalau sudah ada keterampilan itu bisa menjadi penghasilan dari keluarga,” ujar Primanti melanjutkan.

(foto: Muhammad Akbar)

Ia menegaskan sebenernya P2WKSS itu lomba bukan bantuan. “Kalau bantuan itu kita lebih mengarahkan atau meminta kepada semua SKPD yang ada di Bandung Barat untuk mengalokasikan bantuannya di lokus P2KWSS sesuai dengan anggaran yang ada di DPA,” ujarnya.

Kepala Bidang DP2KBP3A, Euis Siti Jamilah menuturkan program yang dilakukan bukan bentuk fisik saja tapi termasuk sumber daya manusia itu sendiri.

“Dari tidak tau jadi tidak tau, terus dari tidak mau jadi mau, akhirnya akan berujung jadi perempuan yang mandiri dan bisa menunjang kesejahteraan dan ekonomi keluarganya”, kata dia di tempat yang sama.

Baca Juga: Nonton Streaming Cinta Setelah Cinta Sabtu 10 September 2022, Inilah Link dan Sinopsisnya

Ia mengatakan program P2WKSS itu sendiri salah satunya seperti bisa mencegah keluarganya dari pernikahan dini dan bagaimana mengetahui rumah tidak layak huni yang menjadi tanggung jawab bersama.  (pur)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com