Tebing Penahan Tanah Runtuh Perlahan, Warga Cinangsih Cililin Khawatir Longsor

  • Muhammad Akbar
  • 29/04/2021
  • 22:00
Terdapat sebuah Tebing Penahan Tanah (TPT) runtuh di wilayah Kampung Cinangsih, Desa Karangtanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/4/2021). (foto: Muhammad Akbar)

Cililinku, Karangtanjung-Terdapat sebuah Tebing Penahan Tanah (TPT) runtuh di wilayah Kampung Cinangsih, Desa Karangtanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/4/2021).

Pantauan cililinku.com terlihat bebatuan yang menjadi TPT itu runtuh, ada juga bebatuan yang sudah mulai renggang.

Menurut keterangan warga sekitar, Oneng (57) TPT itu runtuh diakibatkan oleh hujan deras yang terus menurus.

Baca Juga: Streaming SCTV Sinetron Takdir Cinta yang Kupilih Senin 19 September 2022, Pernikahan Novia dan Hakim di Ujung Tanduk

“Kalau hujan deras, air dari atas mengalir kebawah namun keluar dari celah batu itu, terus netes airnya, maka dari itu batunya padanya lepas dari TPT,” jelasnya.

(foto: Muhammad Akbar)

“Awalnya sih sedikit-sedikit batu padaa lepas, lama kelamaan malah jadi hancur semua, batu batu itu asalnya berada di bahu jalan, tapi sama suami saya ditaruh ke bagian TPT yang runtuh,” tututnya melanjutkan.

Bahkan Oneng menjelaskan, setiap malam kalau suaminya suka mengontrol kalau terjadi hujan, ia khawatir air hujan itu membuat semua TPT runtuh membuat longsor.

(foto: Muhammad Akbar)

“Kadang suami saya tidur di luar sambil ngontrol TPT itu,” ungkap Oneng..

Ia mengatakan batu TPT itu mungkin hanya satu lapis, kalau dibuatnya ga selapis mungkin ga akan runtuh.

“Saya sangat khwatir kalau TPT itu tidak segera diperbaiki, takut terjadi apa apa, masalahnya posisi tanah itu sangat miring sekali, jadi takut kalo terjadi longsor,” ujarnya. (pur)

Baca Juga: Streaming Cinta Setelah Cinta Hari Ini Rabu 21 September 2022 Lengkap dengan Jadwal dan Sinopsisnya

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com