Soal Kekurangan Tabung Oksigen di Beberapa Daerah, dr. Tirta: Itu Benar, Bukan Konspirasi

  • Gilang Fathu
  • 05/07/2021
  • 07:00
dr. Tirta (instagram)

Cililinku, -Semenjak melonjaknya kasus Covid-19, beberapa Rumah Sakit di beberapa wilayah di Indonesia mengalami kekurangan pasokan oksigen.

Hal ini membuat Dokter Tirta Mandira Hudhi angkat bicara mengenai kebenaran tabung oksigen yang langka.

Ia mengklaim bahwa benar jika oksigen di beberapa daerah saat ini sedang kritis. “Jadi kalo ada yang mengatakan ini konspirasi, itu bohong, soal oksigen habis itu konspirasi, ya, itu bohong,” ucapnya lewat IGTV yang diunggah pada Minggu 4 Juli 2021.

Baca Juga: Sinetron Takdir Cinta yang Kupilih Sabtu 24 September 2022: Hal Ini Jadi Bukti Jefry Suka Sama Novia, Hakim Tak Rela Tammy Pergi

Dirinya juga menyebut bahwa di media sosial seperti twitter, sudah banyak relawan mengeluhkan sulit untuk mendapatkan oksigen.


Untuk yang di D.I.Y Yogyakarta, lanjutnya, Tertolong oleh Polda D.I.Y Yogyakarta yang memberikan bantuan 100 tabung oksigen.

Selain itu, Tirta juga mengatakan oksigen yang dibutuhkan ini berbeda dengan oksigen yang berada di udara. Karena pure oksigennya lebih tinggi dan itu sangat dibutuhkan untuk paru-paru yang bisa memaksimalkan proses penyembuhan.

Dokter Tirta juga berpendapat bahwa varian delta sangat cepat menyebar, sehingga membuat keadaan menjadi genting. Hal itu juga membuat antrean di IGD Rumah Sakit, sementara Rumah sakit yang bisa menangani Covid-19 hanya beberapa saja.

Terkait dengan istilah endorse covid, dokter yang akbrab disapa cipeng mengatakatan tidak ada. Jika ada, imbuhnya, tolong buktikan dengan data yang akurat.

“Jadi statement endorsement Covid saya rasa sudah harus di akhiri sekarang juga, mari kita fokus untuk tidak saling menyalahkan, tidak saling berdepat tapi fokus bagaimana caranya kita mengeluarkan dari kata krisis,” imbuh Tirta

Baca Juga: Rencana Tata Kawasan Destinasi Wisata di Lembang, Pemda KBB Bakal Tertibkan PKL

“Saya minta maaf ga bisa membalas seluruh konsultasi pasien yg sedang isoman yg begitu banyak,” ujar dia.(gil)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com