Sampah Berserakan di Bahu Jalan Raya Citapen, Bagaimana Solusinya?

  • Gilang Fathu
  • 12/04/2021
  • 17:22
Sampah tampak berserakan di bahu jalan raya Citapen tepatnya di RW 3, Desa Cipatik, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, Cipatik, Cihampelas- Sampah tampak berserakan di bahu jalan raya Citapen tepatnya di RW 3, Desa Cipatik, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Ketua Rw 3 Desa Cipatik Evi Bahtiar mengatakan sampah itu bukan hanya dari warga RW 3 saja. Dia mengatakan pengendara yang melintas sering membuang sampah disitu.

Ia juga menyatakan bahwa warga nya membuang sampah disana karena tidak ada tempat. Berkoordinasi dengan pemdes, kata dia, sudah dilakukan.

Baca Juga: Nonton Streaming Drama Ratu Drama Episode 1-3 Gratis, Simak Jadwal, Sinopsisnya, dan Link Resminya

“Waktu musdus kemarin kita sudah pernah membahas ini dengan pemdes, gerobak untuk mengangkut sampah sudah diajukan,” tutur Evi dirumahnya pada Senin (12/4/2021).

(foto: Gilang Fathu Romadhan)

Evi menyatakan pernah melakukan ronda untuk mencegah pengendara yang membuang sampah di bahu jalan. Warga juga dilibatkan dalam pencegahan itu.

“Pernah dalam waktu 1 bulan ngeronda biar tau siapa yang buang sampah, selama 1 bulan itu engga ada yang buang sampah, tapi waktu kegiatan itu berhenti tiba tiba sampahnya banyak lagi,” lanjutnya. 

Bahkan sudah beberapa kali Warga Rw 3 Desa Cipatik melakukan kerja bakti dengan tim satgas citarum harum.

Dirinya berharap pengendara yang melintas tidak membuang sampah dijalan itu. Ia mengklaim bahwa sampah  yang dibuang disana beberapa bukan oleh warga.

(foto: Gilang Fathu Romadhan)

Dari pantauan dilokasi sampah di bahu jalan itu kurang lebih berceceran sepanjang 5-7 meter. Sampah disana didominasi oleh sampah rumah tangga.

Plang himbauan dari dinas lingkungan hidup sudah dipasang disana. Namun plang itu dihiraukan.

Baca Juga: Inilah Jadwal Tayang Film Kamu Pantas Mati Lengkap dengan Sinopsisnya

Menyikapi hal tersebut Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cipatik Dedi Rohmayadi di tempat terpisah mengatakan bakal mengadakan pelatihan untuk warga terkait dengan kepedulian lingkungan. Peralatan untuk mengangkut sampah, kata dia, sudah di rencanakan oleh pemdes.

Kata Dedi untuk pembuatan Tempat Pembuangan Sampah (Tps) tidak akan dibuat di lokasi ini. Alasannya, lanjut dia, seperti menyediakan tempat sampah gratis bagi oknum yang membuang sampah sembarangan.

“Kalo kita bikin disana seperti kita menyediakan tempat sampah gratis, kita yang ngelola mereka yang buang,” ujarnya. (pur)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com