Pemkab Bandung Barat Berupaya Mengatasi Banjir di Lembang

  • Gilang Fathu
  • 28/10/2021
  • 02:10
traffic light sign underwater

Cililinku, -Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berupaya untuk menyelesaikan masalah banjir di kawasan Lembang. Melalui Bappelitbangda KBB, Pemkab Bandung Barat berkolaborasi dengan PUTR dan DLH untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berdasarkan informasi dari Instagram @bappelitbangda.kbb, pertemuan yang dipimpin oleh Kepala Bappelitbangda KBB, Asep Wahyu mengajak SKPD serta peran masyarakat dalam mencegah terjadinya banjir di Lembang.

Banjir yang terjadi di Lembang ini diakibatkan oleh beberapa faktor seperti semakin berkurangnya lahan terbuka hijau yang berperan sebagai daerah resapan air.

Baca Juga: Jam Berapa Dikta dan Hukum Episode 8 Tayang? Nadhira Penuhi Wish List Dikta

Menumpuknya sedimentasi di sepanjang saluran drainase dan timbulan sampah yang tidak tertangani juga jadi penyebab banjir terjadi.

Faktor lainnya yaitu hilangnya alur-alur sungai dan peningkatan run off yang disebabkan karena alih fungsi lahan perkotaan. Selain itu, banjir itu juga disebabkan karena berubahnya saluran irigasi menjadi saluran pembuang.

Selain itu, pengolahan sampah disekitar kawasan perkotaan Lembang yang belum optimal.

Maka dari itu, Pemkab Bandung Barat akan melakukan penataan drainase yang berbasis pada hidrologis atau Sub-DAS. Sehingga pengaturan aliran permukaan akan jelas.

Peran aktif dari masyarakat sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan banjir yang sering terjadi jika curah hujan tinggi.

Pemkab juga mengsulkan agar rencana pembangunan TPS 3R di Kecamatan lembang bisa segera dilakukan.

Seperti diketahui, di bulan Oktober ini sudah memasuki musim penghujan. Oleh karena itu masayrakat tetap waspada jeung siap siaga meh terhindar ti berbagai macam bencana.(gil)

Baca Juga: Sinetron Takdir Cinta yang Kupilih Sabtu 10 September 2022, Hakim Miliki Perasaan Kepada Tammy, Nasib Novia Terancam

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com