Pemdes Mekarjaya Klaim Selalu Kerja Bakti Bersihkan Sampah Irigasi Kampung Sukaguna

  • Gilang Fathu
  • 19/03/2021
  • 08:00
Pemerintah Desa Mekarjaya membantah dianggap tidak memperhatikan masalah sampah aliran irigasi di Kampung Sukaguna RT/RW 04/07, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, Mekarjaya – Pemerintah Desa Mekarjaya membantah dianggap tidak memperhatikan masalah sampah aliran irigasi di Kampung Sukaguna RT/RW 04/07, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Sekretaris Desa (sekdes) Mekarjaya Asep Rohadi mengklaim selalu memperhatikan setiap masalah yang terjadi di desanya. Termasuk masalah sampah di aliran irigasi.

Menurut Asep,sampah yang menumpuk di aliran irigasi itu memang terjadi setiap tahunnya.
Bahkan pemdes dengan warga kerap kali melakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah yang ada di aliran irigasi.

Baca Juga: Antares Season 2 Nonton Dimana? Berikut Jadwal Tayang dan Sinopsisnya

“Ditahun 2020 kita bersama masyarakat melakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah disana”, ujarnya kepada cililinku.com  Kamis (18/3/2021).

Menurutnya, sampah yang ada di aliran irigasi itu bukan dari warga Desa Mekarjaya, melainkan bawaan dari desa sebelumnya


Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah desa untuk mengatasi sampah yang menumpuk, seperti kerja bakti.

Setiap pembersihkan sampah, pemdes selalu melibatkan masyarakat. Kendati pemeliharaan aliran irigasi itu bukan tanggung jawab desa.

“Padahal diperbatasan sudah dipasang penghalang agar sampah tidak terbawa ke Mekarjaya, tapi ada orang yang sengaja mencabut penghalang itu”, ungkapnya.

Dia berharap petugas perairan bisa menemukan solusi untuk permasalahan ini.
Imbauan pun sudah diberikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.
 
“Kita tidak bisa terlibat lebih jauh dalam penangannya, soalnya itu bukan tanggung jawab kami melainkan ranahya petugas irigasi”, tambahnya. (pur)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com