Pemdes Bongas Tetapkan APBDes 2021 Senilai Rp2,7 Miliar

  • Muhammad Akbar
  • 26/03/2021
  • 00:40
Pemerintah Desa Bongas menggelar kegiatan musyawarah desa (musdes) perihal Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2021 pada Kamis (25/3/2021).

Cililinku, Bongas-Pemerintah Desa Bongas menggelar kegiatan musyawarah desa (musdes) perihal Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2021 pada Kamis (25/3/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampung Sukamanah RT 1 RW 5 Desa Bongas Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat.

Musdes dihadiri Camat Cililin beserta Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Kasi Pembinaan dan Pengawasan Pemerintah Desa Kecamatan Cililin, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua BPD, TP-Pkk, Karang taruna, Ketua RT/RW dan Tokoh Warga Desa bongas.

Baca Juga: Sinetron Ikatan Cinta Jumat 30 September 2022 Tayang Jam Berapa? Cara Andin Minta Disuapin ke Aldebaran Bikin Gemes!

(foto: Muhammad Akbar)

ditetapkan pada Musdes APBDes berjumlah Rp2,7 miliar.

Sekretaris Desa Bongas, Suntara mengatakan jumlah APBDes 2021 itu  sudah termasuk dalam dana desa, pendapatan asli desa, alokasi dana desa, bantuan keuangan provinsi dan kabupaten. 

(foto: Muhammad Akbar)

Ia mengatakan dana desa  dibagi menjadi 5 bidang yaitu bidang pemerintahan, bidang pembangunan, bidang pemberdayaan masyarakat, bidang pembinaan masyarakat dan bidang penanggulangan bencana darurat desa.

“Untuk dana desa itu sendiri berjumlah 1,4 miliar rupiah,” ujarnya.

Ia menjelaskan di semua anggaran yang ditetapkan di bidangnya masing masing sesuai dengan acuan SDGs yang sudah ada sejak 2020 namun baru direalisasikan di Indonesia tahun sekarang.

(foto: Muhammad Akbar)

“Kita sekarang harus mengikuti 18 indikator diantaranya desa sehat, desa tanpa kemisikinan, pertumbuhan ekonomi desa merata, dan masih banyak lah,” katanya.

Untuk pembangunan desa bongas, Suntara menyebutkan prioritasnya yaitu perbaikan jalan gang, pembangunan sumur bor, dan penyulingan air bersih.

Baca Juga: Sinetron Preman Pensiun 6 Jumat 30 September 2022: Simak Link Streaming dan Sinopsisnya

(foto: Muhammad Akbar)

“Jadi itu sudah tertuang pada rancangan musdus yang seharusnya rencana itu terlaksana pada 2020, karena kemarin ada wabah covid jadi di realisasikan tahun sekarang,” sebutnya. (pur)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com