Pedagang Pasar Mekarmukti: Kami Belum Siap untuk Pindah!

  • Gilang Fathu
  • 05/04/2021
  • 18:29
Beberapa pedagang berencana tidak akan meninggalkan lapak di pasar yang lama. Pemindahan ketempat relokasi lantaran pasar sehat Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat bakal di renovasi. (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, Mekarmukti -Beberapa pedagang berencana tidak akan meninggalkan lapak di pasar yang lama. Pemindahan ketempat relokasi lantaran pasar sehat Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat bakal di renovasi. 

Hal ini disampaikan oleh ketua paguyuban pedagang pasar Ajah Subarjah. Ia mengatakan beberapa pedagang tidak akan pindah dalam waktu dekat.

“Sekarang beberapa pedagang akan bertahan ditempatnya masing-masing,” ujarnya di pasar pada Senin (5/4/2021).

Baca Juga: Betrand Putra Rilis Single Terbaru Bertajuk ‘Aku dan Mantanmu’, Inilah Lirik Lagunya

(foto: Gilang Fathu Romadhan)

Alasan tidak mau pindah karena kondisi keramaian dipasar saat ini sangat memprihatinkan. Ia khawatir di tempat pasar relokasi tadi kondisinya lebih parah ditambah lagi karena dampak dari pandemi ini.

Selain daripada itu, Ajah beranggapan banyaknya pedagang pasar tumpah jadi salahsatu faktor penyebab pengunjung pasar sepi. Dirinya berharap pemerintah setempat menertibkan pasar tumpah tersebut.

“Kami para pedagang belum siap untuk pindah,” tambah dia

(foto: Gilang Fathu Romadhan)

Ditempat yang sama pemerintah Desa Mekarmukti sedang mengadakan sosialisasi tentang himbauan untuk segera pindah. Surat resmi yang berisi tentang pemberitahuan agar pedagang menempati tempat relokasi diberikan juga kepada para pedagang.

Tim pelaksana pembangunan pasar Sehat Desa Mekarmukti Dandi Suwandi menuturkan jika pemdes sudah melakukan sosialisasi dan himbauan beberapa kali. Batas waktu yang telah ditetapkan oleh pemdes terkait dengan pedagang menempati tempat pasar relokasi adalah sampai 7 april 2021.

“Ini sudah perencanaan dai tanggal 1 sampai tanggal 7, nah tanggal 7 itu merupakan hari terakhir dimana transaksi jual beli di pasar lama,” kata dia.

Baca Juga: Mencuri Raden Saleh Masuk 5 Nominasi di Festival Film Bandung 2022

Dandi mengungkapkan sudah ada beberapa pedagang yang melakukan daftar ulang. Himbauan ini yang terakhir, lanjut dia, tidak akan ada lagi himbauan.

“Alhamdulillah sudah 50 persen lebih pedagang sudah melakukan daftar ulang,” lanjutnya.

(foto: Gilang Fathu Romadhan)

Ia berharap pada saat hari terakhir, pemindahan pedagang bisa berjalan tertib. Pedagang diharapkan bisa pindah mandiri, katanya, karena himbauan sudah diberikan.

Terkait dengan pedagang yang belum pindah nanti Dia bakal melibatkan Satpol PP. “Untuk mengamankan kita akan bekerjasama dengan Satpol PP,” Tambah dia.

Kata dia, pedagang sudah boleh pindah ke tempat pasar relokasi sejak tanggal 1 april lalu. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan pemdes selalu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan baik.

“Kita tahapan sesuai aturan, kita tahapan sesuai dengan musyawarah mufakat dan komunikasi dengan baik,” ungkapnya.

Dalam pantauan Cililinku.com belum ada pedagang yang pindah ke tempat relokasi pasar. Disana juga terdapat posko pelayanan yang didirkan untuk melayani pedagang.

Baca Juga: Streaming SCTV Cinta Setelah Cinta Hari Ini Sabtu 10 September 2022, Kejamnya Niko Korbankan Starla Demi Ayu

Ukuran perlapak disana kurang lebih sekitar 2×2 meter persegi. Sudah ada ratusan lapak yang siap ditempati oleh para pedagang. (pur)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com