Nyaris Rp100 Juta Pemdes Batujajar Barat Gelontorkan Dana Penanganan Covid-19

  • Gilang Fathu
  • 31/03/2021
  • 15:30
Musyawarah Desa (Musdes) dilakukan oleh pemerintah Desa Batujajar Barat tentang penetapan APBDes tahun anggaran 2021. Selain itu, penetapan Keluarga penerima manfaat juga dilakukan dalam musyawarah desa khusus. (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, Batujajar Barat-Musyawarah Desa (Musdes) dilakukan oleh pemerintah Desa Batujajar Barat tentang penetapan APBDes tahun anggaran 2021. Selain itu, penetapan Keluarga penerima manfaat juga dilakukan dalam musyawarah desa khusus.

Kegiatan ini dilakukan di gor Desa Batujajar Barat, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Pada hari Rabu (31/3/2021) musdes ini diadakan.

Karena saat ini masih dalam kondisi pandemi, Desa wajib mengaggarkan untuk penanganan Covid-19. Sesuai dengan intruksi Mendagri No 4 tahun 2021 tentang PPKM Mikro dan Mengoptimalkan Posko penanganan Covid-19 di tingkat desa minimal 8 persen untuk penanggulangannya. 

Baca Juga: Miris! Puluhan Pelajar di Bandung Barat Kecanduan Obat Terlarang

(foto: Gilang Fathu Romadhan)

Maka dari itu pihak pemdes Batujajar Barat menetapkan anggaran untuk penanggulangan Covid-19 sebesar 98.603.040 rupiah. jumlah tersebut berasal dari 8 persen dana desa yang berjumlah 1.232.538.000

Kepala Desa Batujajar Barat Erfan Hariawan menuturkan dana 8 persen itu bakal digunakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Desa Batujajar Barat. Ia juga menyebutkan kegiatan yang bakal dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 diantaranya sosialisasi, tempat cuci tangan serta, handsanitizer, dan lain-lain.

“insyaallah kita gunakan untuk sosialisasi, kelengkapan apd, dan tempat cuci tangan serta segala sesuatu yang berkaitan dengan ppkm ini,” tuturnya dilokasi pada Rabu (31/3/2021)

(foto: Gilang Fathu Romadhan)

Erfan juga menyebut bantuan bagi warga yang terdampak Covid-19 akan diganakan dari dana ini. Kegiatan posko penangan Covid-19 juga akan di dukung menggunakan dana ini.

Dia berharap hasil musdes ini bisa terealisasi tahun ini. Ia juga mengimbau agar para perangkat desa tetap semangat menjalankan tugasnya.

Ditempat yang sama ketua BPD desa Batujajar Barat Nanan menyebutkan jika kesejahteraan menjadi tujuan utama penetapan APBdes ini.  Dirinya berharap arah kegiatan desa bisa mengarah kepada kepentingan masyarakat.

“secara ekonomi, dalam bidang pembangunan maupun pendidikan bisa dinikmati oleh seluruh warga masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Cinta Setelah Cinta Hari Ini Sabtu 17 September 2022, Starla Kabur Karena Tak Ada Lagi Orang yang Bisa Dipercaya, Bikin Mewek

(foto: Gilang Fathu Romadhan)

Terkait dengan Bantuan Langsung Tunai Nanan mengatakan hal yang perlu diperbaiki oleh pemdes adalah menentukan Keluarga Penerima Manfaat. Ia juga menyebutkan ada 189 Keluarga Penerima Manfaat di Desa Batujajar Barat.

“mudah-mudahan dengan adanya BLT ini bisa mengurangi beban masyarakat,” tambahnya. (pur)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com