Miris, Saluran Irigasi Kampung Sukaguna Dipenuhi Sampah

  • Gilang Fathu
  • 17/03/2021
  • 18:10
Saluran irigasi di Kampung Sukaguna RT 4 RW 7 desa Mekarjaya, kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat bukan air yang mengisinya, namun oleh sampah sepanjang kurang lebih 200 meter. (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, Mekarjaya -Saluran irigasi di Kampung Sukaguna RT 4 RW 7 desa Mekarjaya, kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat bukan air yang mengisinya, namun oleh sampah sepanjang kurang lebih 200 meter.

Hal ini menyebabkan para petani terganggu ketika sedang menanam padi

Maka dari  itu petugas UPT PSDA wilayah sungai Citarum mulai membersihkan sampah yang berada di aliran irigasi tersebut pada senen (15/3/2021)

Baca Juga: Steffi Zamora Umumkan Ada Penundaan Jam Tayang Sinetron Bintang Samudera, Simak Sinopsisnya

Penumpukan sampah yang terjadi di aliran irigasi ini sebenarnya sampah bawaan yang berasal dari desa lain, karena lokasi desa Mekarjaya berada di ujung akibatnya terjadi penumpukan.

“Kejadian ini sebenarnya terjadi setiap tahunnya, sampah ini terbawa dari desa sebelumnya dan menumpuk disini,” kata Aep Gunawan petugas UPT PSDA.

Subscribe

Ia mengatakan bahwa untuk mengatasi permasalahan sampah ini seharusnya pemerintah setempat ikut andil dalam kebersihan irigasi, bukan hanya petugas  dari PSDA saja.

“Kalo cuman kita kita yang bersihin ga akan beres beres, harusnya ada gerakan juga dari desa,” ungkapnya

Ditempat terpisah, kepala desa Mekarjaya Ipin Surjana membenarkan sampah yang memenuhi irigasi tersebut terjadi setiap tahunnya

“Ya memang betul sampah disana menumpuk setiap tahunnya, dan itu bukan sampah hasil kita, itu bawaan,” ujar Ipin saat ditemui di ruangannya.

Dirinya juga menjelaskan alasan kenapa pihak pemerintah desa tidak terlibat dalam pembersihan irigasi, menurutnya itu sudah menjadi tugas bagian perairan dari PSDA

Baca Juga: Sinetron Preman Pensiun 6 Senin 12 September 2022, Simak Link Streaming Lengkap dengan Sinopsisnya

“Saya ga mau ikut campur kenapa? Karena itu sudah jadi tugas mereka bukan tugas kami dan itu juga bukan sampah dari kami” jelasnya. (pur)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com