Meski Dipilih Panitia Pilkades, Keuangan Masih Dipegang Bendahara Desa

  • Gilang Fathu
  • 10/04/2021
  • 10:00
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Singajaya, Vicky Taufik. (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, Singajaya -Anggaran biaya untuk pemilihan kepala desa tahun ini dipegang oleh bendahara desa. Ketentuan ini sesuai dengan perbup no 10 tahun 2021.

Dijelaskan bahwa susunan panitia pilkades yaitu ketua merangkap anggota, sekretaris merangkap anggota, dan anggota. Tahun ini, pemkab menghilangkan jabatan bendahara di susunan kepanitiaan Pilkades.

Hal ini di sampaikan oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Singajaya, Vicky Taufik pada cililinku.com. Dia menjelaskan untuk tahun ini panitia tidak memegang anggaran untuk pelaksanaan pilkades.

Baca Juga: Dikta dan Hukum Episode 7B Full, Nadhira Akhirnya Tahu Soal Penyakit Dikta, Air Matanya Tak Bisa Dibendung

“Tidak ada bendahara, Makannya keuangan masih ada pada bendahara desa, bukan di panitia,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan jika panitia membutuhkan biaya untuk perlengkapan pilkades, panitia bisa mengajukannya ke bendahara desa. Namun harus ada persetujuan dulu antara bendahara  dengan BPD.

Di tempat yang sama, Kasi Binwas Kecamatan Cihampelas Nandang Kusyana menjelaskan bahwa anggaran untuk pilkades ini merupakan bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat. Bantuan tersebut masuk kedalam APBDes.

“Oleh karena itu di kepanitiaan tidak muncul bendahara tersendiri, bendahara nya dijabat oleh bendahara desa,” ujarnya

Untuk anggaran pilkades, kata dia, sudah ditentukan oleh pemerintah kabupaten. Sebesar 15.000 per hak pilih dikalikan dengan jumlah Daftar Pemilih Suara. (pur)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com