Meningkatkan Ekonomi dengan Peran Maksimal BUMDes

  • Gilang Fathu
  • 23/04/2021
  • 23:30
pendamping desa Kabupaten Bandung Barat (KBB) Nunung Nurhasanah. (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, Citapen -Peningkatan ekonomi di tiap desa bisa dilakukan dengan memaksimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal ini disampaikan oleh tenaga ahli pendamping desa Kabupaten Bandung Barat (KBB) Nunung Nurhasanah saat di temui dalam waktu dekat.

Ia menyebut Sustainable Development Goals (SDGs) ini mempunyai beberapa target untuk mengembangkan desa. Salahsatunya yaitu desa tumbuh ekonomi merata.

“Untuk menetapkan tujuan pembangunan desa itu harus mengacu pada SDGs,” tutur Nunung.

Baca Juga: Hari Ini Bobotoh Demo ke Gedung Graha Persib, Berikut Titik Kumpulnya

Nunung menjelaskan dalam target tersebut untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan produktif yang bisa dikelola desa. Dengan tercapainya target tersebut bisa membuat perekonomian desa jadi merata.

Dalam hasil survey nanti, kata dia, jika ditemukan banyak industri kecil itu bisa di rangkul oleh bumdes. Sehingga BUMDes bisa maksimal memanfaatkan potensi desa.

Selain itu, ia mengatakan desa juga bisa memanfaatkan lokasi nya untuk meningkatkan perekonomian. Seperti pemanfaatan sungai untuk dijadikan tempat wisata.

“Potensi lokasi, misalnya ada data sungai, data danau nanti mengarahnya ke lokasi wisata, nah itu bisa di manfaatkan oleh BUMDes,” pungkasnya. (pur)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com