Tetapkan 3.103 Personel Komcad TNI, Jokowi: Memperkokoh Sistem Pertahanan

  • Gilang Fathu
  • 07/10/2021
  • 14:55
Instagram @jokowi

Cililinku, -Presiden Joko Widodo menetapkan sebanyak 3.103 Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2021. Jokowi mengatakan untuk menjaga kedaulan negara, TNI sebagai komponen utama yang selalu siaga perlu di dukung oleh Komcad dan Komponen pendukung.

Penetapanan Komcad tersebut dilaksanakan di Pusdiklatpassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat pada Kamis, 7 Oktober 2021. Ia menegaskan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara dan usaha pertahanan negara.

“Itulah sistem pertahanan kita yang bersifat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan seluruh sumber daya nasional lainnya” tegasnya di Pusdiklatpassus Batujajar seperti dikutip dari akun instagram resminya.

Baca Juga: Cinta Setelah Cinta Jumat 30 September 2022: Hanya Nila yang Menderita Setelah Niko dan Starla Cerai, Tiada Hari Tanpa Menangis

Kepala Negara yang hadir bersama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, meminta anggota Komcad tidak menggunakannya untuk kepentingan lain kecuali yang berkaitan dengan kepentingan negara.

“Anggota komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara. Komponen cadangan dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang, dimobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR yang komando dan kendalinya berada di Panglima TNI. Artinya, tidak ada anggota komponen cadangan yang melakukan kegiatan mandiri.” jelasnya.

Apresiasi juga diberikan oleh Presiden kepada masyarakat yang telah mendaftar secara sukarela, mengikuti proses seleksi, dan pelatihan dasar kemiliteran hingga ditetapkan menjadi anggota Komcad.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan penetapan komponen cadangan akan memperkokoh Sitem Pertahanan dan Keamanan Rakyat semesta (Sishankamrata).(gil)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com