Longsor di Kampung Cigempol Situwangi, Pemdes Bakal Bangun Tembok Penahan Tanah

  • Gilang Fathu
  • 01/04/2021
  • 17:43
Telah terjadi longsor di kampung Cigempol, Rt/Rw 3/3, Desa Situwangi, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat Kamis (1/4/2021) sekitar pukul 2 dini hari. (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, Situwangi -Telah terjadi longsor di kampung Cigempol, Rt/Rw 3/3, Desa Situwangi, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat Kamis (1/4/2021) sekitar pukul 2 dini hari.

Oleh karena itu pemerintah Desa Situwangi rencananya bakal membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di lokasi tersebut.

Hujan deras yang turun sejak kemarin malam membuat tebing disana longsor. Akibat kejadian itu jalan di Kampung Cigempol sempat tertutup longsor dan mengganggu akses keluar masuk warga.

Baca Juga: Han Jihyun jadi Pemeran Utama dalam Drakor Bertajuk ‘Cheer Up’, Catat Tanggal Rilisnya

Sewaktu mengetahui ada nya longsor, warga disana langsung melakukan kerja bakti guna membersihkan jalan yang tertutup oleh tanah. Masyarakat beserta pemdes bergotong royong membersihkan tanah yang menimpa jalan

(foto: Gilang Fathu Romadhan)

Kasi kesejahteraan Desa Situwangi Ahmad Saepudin menuturkan rencana kedepannya bakal di bangun TPT. Namun untuk pembangunan tersebut harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Desa Situwangi.

“Disekitar lokasi tersebut Insyaallah mungkin kedepan akan dibangun TPT,” tuturnya di ruangannya pada cililinku.com

(foto: Gilang Fathu Romadhan)

Ahmad menjelaskan di tahun 2021 ini prioritas APBDes adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT). Terkait dengan pembangunan belum di anggarkan untuk tahun ini.

Namun dengan adanya kejadian ini, lanjut dia, bakal berkoordinasi dengan Kepala Desa tentang seberapa penting Pembangunan TPT di sana. Tidak menutup kemungkinan TPT bakal dibangun untuk mencegah terjadinya longsor lagi.

“Saya dan kepala desa akan berkoordinasi apakah perlu dibangun TPT disana,” kata dia.

Kendati begitu pemdes tetap menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati apalagi di musik penghujan ini. Dia juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah bergotong royong membersihkan jalan.

Baca Juga: Baru 4 Hari Tayang, Satu Juta Lebih Penonton Telah Berkunjung ke Penjara di Film Miracle In Cell No.7

Dalam pantauan cililinku.com di lokasi masih ada sisa tanah dijalan tersebut. Pengen sepeda motor di harapkan berhati hati ketika melintasi jalan itu, pasalnya jalanan jadi licin. (PUR)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com