Kelola Sampah, Pemdes Citapen Bakal Bangun TPS3R

  • Gilang Fathu
  • 23/04/2021
  • 22:30
Muhammad Irfan Romadloni selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Citapen (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, Citapen -Pemerintah Desa Citapen, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat bakal membangun Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R. Untuk pengelolaan nya akan dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Citapen.

Namun untuk pembangunan nya belum sempat dilakukan oleh pemdes.  Rencananya dengan anggaran APBDes tahun 2020 pembangunan TPS nya bakal di selesaikan

Muhammad Irfan Romadloni selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Citapen mengatakan hal tersebut saat dikunjungi. Ia menyebut belum rampungnya pembangunan ini karena ada nya alokasi dana untuk penanggulangan bencana Covid-19.

Baca Juga: BOCORAN Sinetron Ikatan Cinta 2 Oktober 2022: Aldebaran Buat Kejutan Romantis Utuk Andin, Bikin Baper!

“Karena covid, perpindahan alokasi dana kegiatan jadi terpending,” tutur Irfan.

Untuk TPS 3R bantuan dari Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pembangunannya mulai di bulan april.Akan tetapi, lanjutnya, baru pembangunan tempat untuk TPS nya saja, untuk operasional nya belum terlaksana.

“Kalo kegiatannya mulai sesudah Pembangunan tempatnya selesai,” katanya.

Dirinya menyebut perencanaan terkait dengan pelaksanaan TPS 3R sudah matang. Kendati pelaksanaan TPS 3R hanya dilakukan di satu RW terlebih.

Menurutnya kapasitas TPS 3R nya hanya baru bisa untuk satu RW saja. Kapasitas TPS yang berukuran 200 meter persegi, kata dia, Hanya untuk 200 Kartu Keluarga (KK).

Akan tetapi ia mengatakan tidak menutup kemungkinan TPS ini di perluas. Sebelum diperluas, ujarnya, pengelolaan sampahnya harus maksimal terlebih dahulu.


Ia juga menyebut unit BUMDes saat ini yaitu baru penanaman modal dan konveksi.  (pur)

Baca Juga: Cinta Setelah Cinta Hari Ini Minggu 2 Oktober 2022: Kasian Banget! Ini Isi Hati Nila Ditengah Suasana Perceraian Niko dan Starla

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com