Kacang Edamame Cemilan Santai dan Berbagai Manfaat Bagi Kesehatan

  • Gilang Fathu
  • 28/04/2021
  • 11:00
Kacang edamame merupakan keluarga dari tanaman kacang kedelai. Biasanya kacang ini mudah dijumpai di masakan khas Asia Timur. (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, -Kacang edamame merupakan keluarga dari tanaman kacang kedelai. Biasanya kacang ini mudah dijumpai di masakan khas Asia Timur.

Ketika masih muda, kacang ini akan dipanen sehingga belum keluar dari kulitnya yang berwarna hijau. Kacang ini juga sering diubah menjadi aneka jenis makanan atau minuman.

Diantaranya susu yang terbuat dari kacang edamame dan bisa juga dijadikan es krim. Sangat cocok untuk dijadikan cemilan disaat menikmati waktu santai.

Baca Juga: Serial Bestie Episode 1, Beni Tidur Bareng Siska, Vina Kecewa Berat

Seperti Di kampung Cibunar, RW 5, Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ini kacang edamame di budidayakan oleh kelompok tani rahayu bersama. Di luas tanah sekitar 3 hektar ini mereka terbilang cukup sukses membudidayakannya.


Pasalnya, kacang tersebut sudah dipasarkan diberbagai macam negara seperti Amerika, Ingrris, dan India. Beberapa anggota rahayu bersama bahkan menyulap kacang edamame menjadi olahan makanan lain seperti susu.
Selain itu, dengan berhasilnya membudidayakan kayang edamame ini, perekonomian angoota meningkat

Mungkin banyak yang belum tahu jika kacang edamame ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Vitamin A, Vitamin C, dan protein terkandung dalam makanan ini. Sehingga menimbulkan segudang manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya.

Berikut beberapa manfaat kacang edamame.

  1. MAMPU MENURUNKAN BERAT BADAN

Makanan ini sangat cocok bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Kaya akan serat, sehingga mampu menahan hasrat kita untuk makan berlebihan.
Edamame juga dikenal sebagai penyeimbang berat badan. Biasanya orang yang memakan kacang edamame berat badannya stabil, tidak naik ataupun turun. Sehingga sangat efektif untuk menjaga berat badan.

  1. MENJAGA MATA TETAP SEHAT

Kacang edamame juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menyehatkan mata. Dengan mengkonsumsi kacang edamame secara teratur maka kesehatan mata bisa meningkat. Sangat cocok pula bagi kamu yang mempunyai masalah dengan mata.


Bagi kamu yang tidak suka wortel, edamame bisa jadi salah satu penggati konsumsi vitamin A. Jadi tubuh kamu tidak kekurangan vitamin A. Karena jika kekurangan vitamin A, mata akan mengalami masalah seperti mata cepat lelah, rabun jauh dan rabun dekat.

Baca Juga: Inilah Jadwal Tayang Sinetron Preman Pensiun 6 Selasa 20 September 2022 Lengkap dengan Sinopsisnya

  1. TULANG TERJAGA

Zat besi merupakan zat sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang. Kacang edamame mengandung zat besi, sehingga dapat menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi edamame secara rutin, kamu bisa menjaga tulangmu agar tetap sehat.

  1. DAPAT MENGURANGI DIABETES

Karena kandungan gula yang rendah, kacang satu ini sangat cocok untuk pengidap diabetes. Bagi kamu yang mempunyai diabetes bisa menjadikan kacang edamame cemilan sehari-hari. Tentu saja kamu boleh mengolahnya sesuka mu asal jangan terlalu banyak tambahan gula.

  1. MENCEGAH DEPRESI

Folat yang terkandung dalam edamame ini bisa mengurangi depresi kamu. Untuk menghasilkan DNA dan pembelahan sel yang tepat, folat sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.
Dengan memiliki asupan folat yang cukup maka bisa membantu mencegah terjadinya depresi. Seperti yang diketahui, depresi tejadi akibat menumpuknya darah dibagian kepala sehingga dapat memicu depresi dan dapat menggangu hormon serotin atau perasaan baik.

  1. MENJAGA KESEHATAN KULIT

Kulit merupakan bagian penting bagi manusia. Maka dari itu banyak masyarakat yang rela merogoh kocek banyak hanya demi menjaga kulit tetap mulus dan sehat. Nah, untuk meminimalisir pengeluaran edamamem bisa jadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin kulitnya sehat.
isoflavon yang terkandung dalam kacang ini dapat melindungi kulit serta mengoptimalkan regenerasi. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, cukup mengkonsumsi kacang edamame secara rutin.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapat jika mengkonsumsi kacang edamame. Kendati begitu, walau banyak manfaatnya jangan terlalu sering mengkonsumsi kacang ini. Karena sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik.

Wajar saja kalo wilayah Asia Timur hobi mengkonsmusi kacang satu ini. Ternyata ada segudang manfaat yang dapat diperoleh jika kamu memakan kacang ini sesuai kebutuhan kamu. (pur)

Baca Juga: Kapan Serigala Terakhir 2 Tayang? Perang Besar akan Terjadi Dalam Waktu Dekat, Alex vs Reno Siapa Pemenangnya?

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com