Jalan Tikus di KBB Ini Dipelototi Petugas Antisipasi Warga Mudik

  • redaksicililinku
  • 28/04/2021
  • 08:30
ilustrasi. (dok cililinku)

INILAH, Bandung- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat mewaspadai sejumlah jalan tikus yang biasanya dilalui para pemudik.

Oleh karena itu, pihaknya meminta unsur kewilayahan seperti RT dan RW berpartisipasi untuk mewaspadi lonjakam warga yang kekeuh ingin mudik meski dilarang.

Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat sendiri menyebut ada sejumlah jalur tikus di wilayah Bandung Barat.

Baca Juga: Cinta Setelah Cinta Jumat 9 September 2022, Ambil Darah Diam-diam, Niko Buat Starla Kejang-kejang Demi Pelakor

Kepala Dishub KBB, Lukmanul Hakim mengakui, untuk melakukan pengamanan itu, Dishub KBB menemui kendala dengan tersbatasnya jumlah personel.

’’Jadi salah satu permasalahan untuk terus menjaga jalur tikus mengantisipasi pemudik kucing-kucingan dengan petugas,” tutur Lukmanul seperti dikutip jabarekspres.

Menurutnya, pihaknya sudah menyiagakan 102 personel, yang sudah disebar ke beberapa titik.

Untuk menutupi kekuranggan personel, dia meminta ada peran serta aparat kewilayahan di desa, babinsa, babinkamtibmas.

’’Ini penting membantu mengamankan jalur tikus,” ujar Lukmanul.

Lukmanul Hakim menuturkan, jalur alternatif yang diantisipasi pasca lebaran adalah jalur objek wisata Lembang di antaranya Jalur Barat yakni melalui Jakarta/Cianjur – Padalarang (Tol Purbaleunyi)-Panaris-Pemkab Bandung Barat-Cisarua – Parongpong-Lembang.

Lalu Jalur Tengah Cimahi-Jalan Kolonel Masturi-Cisarua – Parongpong-Lembang.

Baca Juga: BSU 2022 Rp600 Ribu Cair Senin, Berikut Mekanisme Penyaluran, Cara Cek, Syarat, dan Langkah Pengecekan Penerima

Selain itu Jalur Utara Jalan Sersan Bajuri Via Parongpong – Jalan Punclut Via Ciumbuleuit-Jalan Punclut Via Dago (Perumahan Grand Citra)-Jalan Dago Giri-Langensari-Lembang-Subang-Jalan Tangkuban Parahu-Lembang- Parongpong-Cisarua-Tol Purbaleunyi-Jakarta.

“Untuk jalur tikus di KBB itu cukup banyak dan keberadaannya akan jadi alternatif pemudik. Cuma kalaupun lewat jalur tikus, nanti akhirnya akan bermuara ke jalur arteri juga,” katanya.

Untuk menyekat arus mudik Lebaran 2021, pihaknya menyiapkan dua titik penyekatan arus lalulintas pada masa pelarangan mudik libur Lebaran 2021 nanti.

Titik tersebut berada di Gerbang Tol Padalarang dan di Cikole, Lembang.

Namun Dishub juga turut menyiapkan posko pengamanan dan penghitungan kendaraan di ruas jalan raya mengantisipasi pergerakan kendaraan aglomerasi Bandung Raya.

Adapun titiknya berada di Simpang Tagog Padalarang dan Cikole, Lembang yang berbatasan dengan Subang.

“Kita sediakan posko penyekatan mudik yang dilakukan oleh kepolisian dan didukung Dishub. Ada juga pos pengamanan dan penghitungan di titik yang berbeda,” ucapnya.

Baca Juga: Jam Berapa Cinta Setelah Cinta Hari Ini Kamis 8 September 2022 Tayang? Simak Jadwal Beserta Sinopsisnya

Tak cuma menerjunkan personel di posko statis, pihaknya menyiapkan juga perangkat CCTV yang bakal memelototi delapan titik persimpangan dan simpul kemacetan.

 “Lalu ada 8 titik mulai dari Padalarang sampai Lembang yang diawasi CCTV,” jelasnya. (pur)

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com