Gelar Gebyar Skrining PTM 1000 Orang, Rata-rata Masyarakat Batujajar Alami Darah Tinggi

  • Muhammad Akbar
  • 28/12/2022
  • 16:49
Pelaksanaan skrining Penyakit TIdak Menular (PTM) masyarakat Batujajar, Rabu (28/12/2022)./Istimewa

Cililinku,- Puskesmas Batujajar bekerjasama dengan STIKES Budi Luhur melaksanakan kegiatan gebyar skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kantor Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (28/12/2022).

Kegiatan dilakukan dalam rangka upaya mendeteksi dini penyakit-penyakit tidak menular seperti darah tinggi/hipertensi, diabets, stroke dan lain-lain.

“Kita baru saja melaksanakan skrining PTM terahdap masyarakat bekerjasama dengan Stikes Budi Luhur untuk mendeteksi penyakit sejak dini,” ujar Kepala Puskesmas Batujajar Drajat Prih Handono saat dihubungi melalui pesan singkat whatsapp.

Baca Juga: Adakan Rakor Gabungan Desa di Akhir Tahun, PKK Kecamatan Cililin Fokus Kembangkan Inovasi dan Kreatifitas Kader

Antusias masyarakat menurut Drajat sudah sangat baik, dari sasaran seribu orang, sekitar 500 lebih melaksanakan skrining.

“Antusias masyarakat sangat bagus, mereka rela ngantri dari pagi untuk diperiksa kesehatannya secara gratis, dari sasaran seribu ada 500 lebih yang datang,” sebutnya.

Berdasarkan hasil skrining tidak terlalu banyak masyarkat yang memiliki PTM, kendati begitu rata-rata masyarakat mempunyai darah tinggi atau hipertensi.

“Alhamdulillah dari pemeriksaan tadi tidak banyak orang yang mengidap penyakit, tapi memang rata-rata masyarakat yang memiliki darah tinggi,” ungkap Drajat.

Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Barat Sonya Fatmala hadir memberi dukungan pelaksanaan skrining PTM masyarakat Batujajar,/Istimewa

Drajat berterimakasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Barat dan para Muspika yang telah datang mendukung kegiatan. “Saya ucapkan terimakasih kepada pihak yang sudah mendukung kegiatan terutama kepada Sonya Fatmala dan muspika,” ucapnya.

Ia berharap kepada masyarakat setelah adanya skrining bisa menjaga kesehatan dengan baik dan benar seperti atur pola makan, olahraga, tidak merokok dan yang lainnya.

“Saya harap masyarakat dapat menjaga kesehatannya dengan baik setelah adanya hasil skrining pemeriksaan, seperti mengatur pola makan, olahrga, dan disarankan tidak merokok,” pungkasnya.***

Baca Juga: Hadapi Resesi 2023, Pemdes Cililin Rencanakan 30 Persen APBDes Untuk Ketahanan Pangan

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com