BNPB Ingatkan Potensi Gempa Besar di Sesar Lembang

  • Gilang Fathu
  • 16/03/2021
  • 19:59
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo (foto: Gilang Fathu Romadhan)

Cililinku, Giriasih – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ingatkan masyarakat soal potensi gempa sesar Lembang.

Kepala BNPB, Doni Munardo mengungkapkan sosialisasi rawan bencana disana sudah disosialisasikan kepada masyarakat sejak 2019 lalu.

 jum’at (12/3/2021) 

Baca Juga: Anya Geraldine Liburan di Bali Pakai Swimwear, Netizen: Kebayang Jadi Istri

“Pada 2019 lalu BNPB telah melakukan simulasi di daerah lembang bersama gubernur Jawa barat, bupati kabupaten bandung barat dan seluruh komponen yang ada di jalur patahan lembang,” ucap Doni kepada wartawan, Jumat (12/3/2021).

Warga yang tinggal di sekitar jalur patahan lembang itu sempat menolak adanya simulasi dan persiapan untuk mengantisipasi korban jiwa, namun setelah dilakukan sosialisasi beberapa kali dan bantuan dari relawan akhirnya warga bisa mengikuti arahan yang diberikan. 

“Setelah adanya pendekatan dan sosialisasi secara terus menerus mulai ada kesadaran dari masyarakat,”  tutur Doni.

Dirinya mengatakan Struktur bangunan rumah masyarakat yang berada di jalur patahan lembang sudah mulai di perkuat, selain itu beban yang berada di atap sudah mulai dikurangi oleh pemilik rumah. 

Ia juga mengapresiasi upaya pencegahan yang dilakukan oleh masyarakat dan relawan yang ikut serta dalam antisipasi tersebut. 

Terkait dengan relokasi warga, menurut kepala BNPB ini tidak perlu relokasi namun masyarakat harus paham dan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika gempa terjadi

“Kita tidak perlu panik, yang penting kita bisa memahami kalo misalnya terjadi apa yang harus dilakukan, kalo bangunannya kuat insyaallah bisa bertahan tapi kalo bangunannya rentan segera tinggalkan bangunan,” Imbau Doni. (ris)

Baca Juga: Berita Perselingkuhan Kiara dengan Bram di Serial Bestie Episode 5 Tersebar Luas, Bisnis Hana Hancur

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com