5 Tips Bikers Melewati Jalan Rusak Agar Terhindar dari Kecelakaan

  • Gilang Fathu
  • 24/04/2021
  • 10:00
Jalan rusak kerap kali membuat pengendara kewalahan ketika melewati ruas jalan yang rusak. Kontur jalan pun berbeda beda di setiap wilayahnya, ada yang berlubang ada juga kontur jalan yang bergelombang. (foto: cililinku.com)

Cililinku, Cililin -Jalan rusak kerap kali membuat pengendara kewalahan ketika melewati ruas jalan yang rusak. Kontur jalan pun berbeda beda di setiap wilayahnya, ada yang berlubang ada juga kontur jalan yang bergelombang.


Seperti di jalan raya Cihampelas hingga Cililin yang kondisinya sudah rusak cukup parah, sehingga membuat pengendara merasa menjadi tidak nyaman ketika berkendara. Selain membuat tidak nyaman, jalanan yang rusak juga bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen kendaraan.



Terkadang juga kontur jalan yang berlubang sering menjadi penyebab dari kecelakaan tunggal. Maka dari itu untuk mengurangi tingkat kecelakaan dan kerusakan pada komponen kendaraan, berikut tipsnya.




1.PERHATIKAN KONDISI KENDARAAN

Baca Juga: Jam Berapa Sinetron Takdir Cinta yang Kupilih Selasa 20 September 2022 Tayang? Berikut Informasinya



Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya bikers memeriksa kondisi kendaraannya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan dan rasa tidak nyaman ketika berkendara. Salahsatu unsur yang paling penting untuk diperhatikan yaitu kondisi ban dan shockbreaker.
Karena jika 2 unsur tadi sudah tidak layak pakai maka akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Apalagi ketika melintas dijalan yang rusak dan berlubang.

2.MENJAGA JARAK ANTAR KENDARAAN

(foto: cililinku.com)



Menjaga jarak dengan kendaraan yang didepan atau di belakang sangat perlu diperhatikan. Dengan space yang diberikan dengan pengendara lain maka bisa mencegah terjadinya tabrakan ketika kendaraan lain melakukan rem mendadak.

3.TETAP FOKUS SAAT MENGEMUDI

(foto: cililinku)


Selain jarak, konsentrasi penuh ketika berkendara perlu dilakukan juga. Pasalnya guna mencegah menabrak kendaraan di depan ketika melakukan rem dadakan.
Memperhatikan ruas jalan juga jadi salahsatu cara agar komponen kendaraan tidak mengalami kerusakan.

4.PERHATIKAN JALAN YANG BERLUBANG

(foto: cililinku)

Memilih ruas jalan berlubang yang tidak terlalu dalam menjadi kunci utama agar perjalanan aman dan nyaman. Namun jangan sampai meliku-liku hanya demi menghindari ruas jalan yang rusak atau berlubang.
Karena itu dapat membahayakan pengendara lain. Melindas lubang dengan kecepatan tinggi bisa mengakibatkan ban pecah.

5.JANGAN NGEBUT

(foto: cililinku)



Saat melewati jalan yang rusak, pengendara diharapkan tidak menaikan kecepatannya. Lantaran dapat merusak komponen kendaraan seperti ban dan shockbreaker.
Biker yang ngebut dijalan yang rusak bisa saja menabrak kendaraan didepannya ketika pengendara didepan melakukan rem dadakan ketika hendak melewati jalan yang berlubang.

Itulah 5 tips untuk membuat perjalan anda aman dan nyaman ketika melintas di jalan yang rusak dan berlubang. Pengendara juga diharapkan lebih berhati-hati lagi ketika berkendara.

Selamat sampai tujuan harus diutamakan ketimbang mementingkan kecepatan saat berkendara (pur).

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com