4 Fakta Mengenai Kapal Selam, Awalnya Dibuat Berbentuk Bulat

  • Gilang Fathu
  • 26/04/2021
  • 12:00
Untuk mecapai kedalaman air di laut, manusia membutuhkan kendaraan khusus untuk mencapainya. Salahsatunya manusia bisa menggunakan kapal selam. (istimewa)

Cililinku, -Untuk mecapai kedalaman air di laut, manusia membutuhkan kendaraan khusus untuk mencapainya. Salahsatunya manusia bisa menggunakan kapal selam.

Dikutip dari laman Wikipedia, kapal selam ini umumnya digunakan untuk kepentingan militer. Selain itu, kapal selam juga sering dipakai untuk kepentingan sains.

Namun untuk mengendarai nya tidak bisa dilakukan oleh orang biasa. Pengemudi kapal selam harus merupakan orang yang terlatih. Nah dari pada kamu penasaran, berikut 4 hal yang perlu diketahui tentang kapal selam.

Baca Juga: Kapan Sinetron Preman Pensiun 6 Senin 12 September 2022 Tayang? Inilah Jadwal dan Bocoran Sinopsisnya

1. KEDALAMAN YANG PERNAH DICAPAI KAPAL SELAM

Submarine underwater, 3D rendering

Kapal selam berawak yang menyelam paling dalam saat ini  yaitu fendouzhe buatan cina. Dilansir dari detiktravel, kapal tersebut menyelam hingga kedalaman 10.909 meter di Palung Mariana.

2. PINTU DARURAT DI KAPAL SELAM TIDAK BISA SEENAKNYA DIBUKA

Pintu darurat merupakan pintu yang digunakan dalam keadaaan darurat untuk mempermudahkan proses penyelamatan diri.

Di kapal selam, pintu darurat itu tidak bisa asal dibuka. Apalagi saat berada di kedalaman laut, jika pintu dibuka maka dalam hitungan detik air diluar bisa masuk kedalam kapal.

Selain itu, tekanan di kedalaman air berbeda dengan tekanan yang ada di permukaan. Tekanan di kedalaman air lebih berat jika dibandingkan dengan tekanan di permukaan.

3. ALASAN KAPAL SELAM BISA MENYELAM BEBAS

Baca Juga: Pelin Ajak Anak Muda Tegas dalam Hubungan yang Toxic Lewat Single Ketiga Bertajuk ‘Luka & Obat’

Tanki pemberat (ballast tank) merupakan salahsatu kunci utama kapal selam bisa menyelam. Dengan mengatur isi yang berada di dalam tanki itu, kapal selam bisa mengapung atau menyelam ke dasar laur. Ballas tank itu bisa diisi dengan air ataupun udara tergantung kebutuhan, jika ingin naik maka tanki diisi oleh udara, sebaliknya jika ingin menyelam tanki diisi oleh air.

4. KAPAL SELAM PERTAMA BERBENTUK BULAT.

Mungkin banyak yang belum tahu jika kapal selam yang pertama dibuat berbentuk seperti bola atau bulat. Pada tanggal 22 September 1932 kapal selam pertama berhasil dirancang oleh Ortis barton.

Bathyshpere merupakan nama kapal selam pertama itu. Kapal tersebut hanya memiliki diameter kurang dari 1,5 meter.

Itulah 4 hal yang perlu kamu ketahui tentang kapal selam. Walaupun tidak sembarang orang tidak bisa masuk ke kapal selam, setidaknya kamu bisa mengetahui sedikit tentang kapal selam, Semoga bermanfaat!!

Trending

Berita Terkini

logo

© Copyright 2022 cillinku.com